Manfaat Madu – Ganti Betadine Dengan Madu Asli!

Manfaat Madu
Manfaat Madu

Manfaat madu – Madu itu cukup banyak manfaatnya. Tidak hanya sebagai pemanis alami. Jangan sampai anda tidak tahu manfaat-manfaat madu yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh anda dan keluarga! Nah, tapi sebelum membahas manfaat madu, anda tau ngga bagaimana cara madu itu dibuat?

Bagaimana madu dibuat?

Madu itu tidak berasal dari pohon, juga tidak dibuat oleh manusia. Pembuatan madu merupakan sebuah proses yang sedikit lebih kompleks.

Madu asli itu dihasilkan secara alami oleh lebah madu. Pembuatan madu itu memerlukan banyak sekali lebah, bahkan sampai puluhan ribu lebah. Lebah-lebah ini kemudian pergi untuk mengumpulkan nektar dari puluhan ribu bunga.

Lebah dan Kembang
Lebah dan Kembang

Nektar atau sari bunga adalah cairan manis kaya dengan gula yang diproduksi bunga dari tumbuh-tumbuhan sewaktu mekar untuk menarik kedatangan hewan penyerbuk seperti serangga – Wikipedia.

Sebenarnya lebah itu biasanya hanya pergi sejauh 3-4 kilometer dari sarangnya. Tapi kalau dihitung-hitung, secara kolektif jumlah jarak perjalanan semua lebah untuk mengumpulkan nektar bisa mencapai lebih dari puluhan ribu kilometer lho! Hanya untuk membuat ½ kilogram madu.

Sarang Lebah
Sarang Lebah

Ketika lebah mengambil nektar dari bunga, nektar ini kemudian disimpan di dalam perutnya. Nektar ini kemudian tercampur dengan enzim milik lebah tersebut. Nektar pada perut kemudian dioper lagi kepada lebah pekerja di sarang lebah. Sehingga nektar kembali tercampur dengan enzim lebah pekerja. Lalu nektar dimasukkan kedalam sarang madu.

Lebah pekerja harus mengepakkan sayapnya agar kandungan air pada nektar cepat menguap. Sehingga terciptalah cairan kental yang kita kenal sebagai madu.

Kandungan Nutrisi Pada Madu

Pada dasarnya, setiap madu memiliki rasa yang berbeda-beda. Karena sebuah koloni lebah itu bersarang di tempat yang berbeda dengan koloni lebah lain. Misalnya koloni lebah A bersarang di atas pohon kelengkeng, dan koloni tersebut lebih banyak mengambil nektar dari bunga Aster yang berada disekitar lingkungan tersebut.

Sedangkan koloni B berada diatas atap rumah, yang banyak dikelilingi oleh bunga matahari. Karena nektar yang diserap berbeda antara koloni A dan koloni B, maka rasa madu yang dihasilkan juga berbeda. Terdapat ratusan jenis madu yang ada di Indonesia. Sehingga kesimpulannya nutrisi yang terkandung pada setiap madu juga berbeda.

Warna madu itu berbeda-beda juga. Katanya madu yang warnanya lebih muda, khasiatnya lebih manjur lho! Namun saya akan mencoba memberikan anda informasi tentang beberapa kandungan terpenting yang ada pada setiap madu. Berikut adalah kandungan nutrisinya.

Nutrisi Madu
Nutrisi Madu

Manfaat Madu

1. Sebagai Obat Batuk

Manfaat madu yang pertama adalah sebagai obat batuk. Menurut World Health Organization (WHO), madu merupakan salah satu cairan Demulcent (Pereda iritasi tenggorokan dan organ dalam dengan membentuk lapisan pelindung).

Batuk-Batuk
Batuk-batuk, tinggal minum madu aja

Sebuah research menyatakan bahwa madu memiliki efek yang sama baiknya dengan dextromethorphan. Apa itu Dextromethorphan? Berdasarkan hellosehat.com, Dextromethorphan adalah obat dengan fungsi untuk sementara menyembuhkan batuk tidak berdahak karena infeksi saluran udara tertentu (misalnya sinusitis, pilek biasa).

Bedanya, madu tidak memiliki efek samping yang dimiliki oleh obat-obatan kimia! Tentunya apabila dikonsumsi secukupnya ya. Kalo kebanyakan nanti malah kena penyakit gula.

2. Sebagai Obat Luka Luar

Madu itu sudah digunakan sebagai obat untuk melawan infeksi sejak abad ke-20 awal. Penggunaan madu saat itu lambat laun menjadi kurang populer karena adanya obat antibiotik yang disebut pencillin.

Tapi sekarang karena banyaknya orang-orang yang tidak mau mengkonsumsi obat-obat yang terbuat dari bahan-bahan kimia, penelitian tentang madu kembali gencar dilaksanakan.

Luka dikasih madu
Luka dikasih madu

Madu mengandung antioksidan, antifungi, dan antibakteri. Kandungan ini membuat madu cocok sebagai obat luka luar. Faktanya, berdasarkan sebuah penelitian tentang efek pengobatan madu pada luka luar, ditemukan bahwa 58 dari 59 luka luar yang di uji sembuh dengan sangat baik dan lebih cepat.

Dari penelitian lain, menyatakan bahwa madu merupakan pengobatan luka luar yang sangat baik (termasuk borok, luka bakar, lecet-lecet, dll). Bahkan 4 kali lebih baik dari betadine!

Penyembuhan luka luar yang lebih baik dari betadine ini tidak dilebih-lebihkan. Madu asli dilansir oleh BBC telah digunakan untuk mengobati luka luar setelah operasi. Madu mengobati luka sangat cepat.

3. Meningkatkan Performa Atletis

Beberapa studi telah dilakukan oleh Richard Kreider dari Baylor Univeristy, Texas. Studi ini menyimpulkan bahwa madu dapat meningkatkan energi secara signifikan.

Penelitian ini dilakukan kepada pembalap sepeda. Para pembalap yang meminum madu selama 3 minggu berturut-turut, terbukti stamina dan energinya berada diatas pembalap lain yang tidak minum madu sama sekali.

Balap Sepeda
Balap Sepeda

Penemuan Richard Kreider ini turut menyatakan bahwa madu adalah sumber karbohidrat yang sederhana, murah, tapi sangat efektif.  Khasiat madu juga dapat digunakan untuk penyembuhan otot, dan membuat otot lebih rileks. 

Sehingga, lebih baik anda minum madu dibandingkan minuman minuman energi yang beredar di pasaran. Tentunya manfaat madu pasti lebih baik.

4. Tidak Meningkatkan Gula Darah Secara Signifikan

Madu menambah sangat sedikit kadar gula dalam darah, serta meningkatkan insulin. Karena index Glikemik pada madu sangatlah rendah. Index Glikemik tinggi itu dapat meningkatkan kenaikan gula darah secara signifikan.

Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu makanan. Atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah.

Berdasarkan penelitian Richard Kreider, indeks Glikemik madu adalah 43 pada skala dimana roti tawar itu 100. Gila kan? Jadi madu itu jauh lebih sehat dibandingkan dengan gula.

Kalau anda punya keturunan penyakit gula, lebih baik anda mengkonsumsi madu dan jauhi gula. Karena inilah salah satu manfaat madu yang sangat baik. Manis tapi tidak manis.

Namun madu tidak saya sarankan untuk penderita diabetes. Karena pada prinsipnya madu tetap mengandung glukosa yang dapat memperparah penyakit anda. Lebih baik hilangkan semua pemanis dalam hidup anda.

5. Menghilangkan Gejala Alergi dan Menguatkan Kekebalan Terhadap Alergi

Jika anda mengkonsumsi madu asli. Maka madu tersebut akan mengandung serbuk sari yang terbawa oleh lebah madu ketika mengambil nektar. Serbuk sari ini berasal dari tumbuh-tumbuhan yang umum berada di Indonesia.

Nah, serbuk sari pada madu ini akan membawa sedikit zat yang disebut Alergen. Alergen inilah yang menjadi penyebab berbagai jenis alergi. Namun karena yang dibawa hanya sedikit, maka tubuh anda tidak akan terkena alergi.

Justru dengan mengkonsumsi madu dengan rutin (Sekaligus mengkonsumsi Alergen di dalam madu), tubuh anda akan membangun kekebalan terhadap banyak alergi secara natural.

Resep Madu Untuk Dikonsumsi

Saya akan memberikan beberapa ramuan madu agar anda dapat menikmati manfaat madu. Silahkan anda coba sendiri ya!

1. Lemon Tea Madu Hangat

Manfaat lemon sudah pernah saya bahas sebelumnya, kalau belum tau silahkan dibaca biar anda tau khasiat lemon. Bagaimana cara bikin lemon tea hangat?

Lemon Tea Anget
Lemon Tea Anget

Isi cangkir dengan air hangat hingga cangkir itu penuh. Celupkan teh favorit anda hingga warna airnya berubah. Lalu peras ¼ bagian lemon kedalam cangkir tersebut. Tambahkan 1-2 sendok makan madu kedalam gelas, lalu aduk. Nikmati the lemon tea madu sambil baca koran pagi-pagi.

Dengan ramuan ini, anda akan merasakan manfaat madu dan lemon sekaligus. Ramuan ini akan melegakan tenggorokan anda, serta menyehatkan badan anda karena terdapat kandungan vitamin C dari lemon.

2. Lemon & Madu

Ini adalah salah satu ramuan jamu saya sendiri. Karena ramuan ini, saya hampir tidak pernah sakit sama sekali. Bagus untuk daya tahan tubuh. Yang sering begadang di kantor lembur, wajib sekali mencoba.

Madu Lemon
Madu Lemon

Caranya sangat gampang. Peras satu buah lemon ke dalam gelas. Lalu anda tuangkan 2-3 sendok makan madu kedalam perasan lemon. Silahkan anda teguk semuanya langsung. Jangan lupa, setelah minum lemon anda harus selalu kumur-kumur dengan air putih! Kalau tidak nanti email gigi anda bisa rusak.

3.  Madunya saja

Kalau anda lebih suka minum madu langsung, bisa juga. Anda tinggal minum setiap hari 2 sendok teh madu pada pagi hari. Biar tubuh makin kuat, dan energik. Selain itu konsumsi madu setiap hari dapat membuat anda terhindar dari gejala-gejala alergi yang mengganggu.

4. Hair Conditioner Madu

Cukup mudah. Anda tuang madu ke dalam sebuah gelas, sampai kira-kira ½ gelas. Lalu tuangkan juga olive oil sebanyak ¼ gelas tersebut. Lalu anda aduk.

Setelah itu, anda bisa oleskan ramuan ini pada kulit kepala anda dan rambut anda. Seperti lagi pake sampo aja. Tutup kepala anda dengan anduk, dan tunggu selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu anda bisa cuci dengan sampo hingga bersih.

Ramuan ini baik untuk mengatasi rambut yan kering, kulit kepala yang gatal atau ketombe. Dengan menggunakan ramuan ini, rambut anda akan semakin berkilau dan kuat.          

5. Obat Oles Luka

Jadi kalau anda punya luka, anda bisa menggunakan madu untuk mengobatinya. Ada madu yang tingkat antibakteri-nya sangat tinggi, namanya madu Manuka. Madu Manuka ini biasanya digunakan sebagai obat luar.

Olesan Madu
Olesan Madu

Tapi, seandainya madu Manuka ini sulit untuk ditemukan maka madu asli yang tidak di proses juga bisa. Jadi anda tinggal cari saja madu yang dijamin asli kualitasnya.

Untuk mengobati luka, anda pertama-tama bisa oleskan madu pada luka anda. Oleskan yang cukup banyak, karena luka anda memerlukan enzim antibakteri bernama glucose oxidase yang dimuntahkan oleh lebah pekerja ke dalam madu.

Enzim inilah yang nanti akan melepaskan sedikit hydrogen peroxide yang berfungsi untuk melawan kotoran dan bakteri pada luka anda. Karena jumlahnya yang sedikit, maka penyembuhan akan tetap berjalan dengan cepat.

6. Menu Sarapan Dengan Madu

Madu itu memang nikmat rasanya. Karena itu, kita bisa menggunakan madu untuk membuat bermacam-macam makanan. Favorit saya adalah susu madu, nikmat. Khasiat madu serta susu semua tercampur dalam segelas susu hangat. Caranya tinggal tuang susu hangat kedalam gelas, lalu masukkan 3 sendok makan madu dan aduk. Nikmat!

Susu Madu
Susu Madu

Favorit saya yang lain adalah roti bakar gandum madu. Mudah juga. Tinggal oleskan roti dengan madu asli lalu anda panggang dengan pemanggang roti. Atau anda bisa panggang dulu rotinya, baru anda oleskan madunya. Mantapp!

Roti Madu
Roti Madu

Okee bos. Saya rasa cukup tentang manfaat madu. Semoga anda dapat juga merasakan nikmatnya mengkonsumsi merasakan khasiat madu yang selama ini sudah saya rasakan. Sekarang anda sudah tahu apa saja khasiat madu dan juga cara penyajiannya.

Jangan lupa, mungkin ada teman atau keluarga anda yang membutuhkan pengetahuan tentang manfaat madu. Tolong di share ya! Salam.

 

Share!
Follow by Email
Facebook
Google+
https://www.internetsatelit.co.id/kesehatan/manfaat-madu/
Twitter
About Juggy 15 Articles
Blog Teknologi, Budaya & Tokoh Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*