Manfaat Lemon – Rahasia Sehat & Obat Penyakit!

Manfaat Lemon
Manfaat Lemon

Manfaat Lemon – Manfaat lemon itu banyak sekali. Tapi, bayangan anda ketika mendengar kata-kata “Lemon” itu pasti buah yang kecut dan tidak enak untuk di konsumsi. Padahal, kalau saja anda tau apa saja manfaatnya pasti anda buru-buru pergi ke supermarket untuk beli lemon.

Percaya deh sama saya. Jeruk lemon itu selain menjadi penyedap rasa masakan yang sangat kaya rasa, ternyata sangat sehat, bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan anda lho!

Jadi silahkan anda simak 20 manfaat lemon ini. Yuk kita mulai!

Kandungan Nutrisi Pada Lemon

Semua buah yang termasuk pada keluarga buah sitrus, sangat kaya Vitamin C. Vitamin C ini sangat berguna bagi kesehatan, buktinya banyak sekali vitamin-vitamin tablet atau pil yang berlomba-lomba menjual Vitamin C. Oleh karena itu, sebelum kita mulai dengan manfaat lemon, anda mungkin perlu tau kandungan apa saja yang terdapat pada jeruk lemon. Berikut adalah kandungan gizi pada lemon.

Nutrisi Lemon
Nutrisi Lemon

Jeruk lemon memang mengandung banyak sekali mineral-mineral seperti Zat Besi, Magnesium, Potassium, Kalsium, dan Fosfor. Lemon juga kaya akan vitamin-vitamin yang penting untuk tubuh seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Thiamine, Folate, Choline, dan masih banyak lagi.

Karena kaya sekali akan kandungan-kandungan yang sehat, maka tidak heran banyak sekali manfaat-manfaat lemon untuk tubuh manusia. 

Tapi, ada satu hal yang harus anda ingat. Anda boleh saja mengkonsumsi lemon setiap hari, ini sangat sehat dan berkhasiat. Tapi jangan lupa untuk berkumur dengan air putih karena lemon dapat merusak email gigi bila dibiarkan saja. Oke? Mari kita bahas manfaat lemon.

Manfaat Lemon

     1. Mencegah Batu Ginjal

Kalau anda rajin minum stengah cangkir jeruk lemon setiap hari, ginjal anda akan lebih sehat. Kenapa? Karena kandungan lemon dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

Lemon dapat menaikkan kadar garam sitrat pada urin anda. Berdasarkan sebuah studi, kadar garam sitrat yang tinggi dapat mencegah terbentuknya batu ginjal pada organ anda.

gejala-penyakit-batu-ginjal
Batu Pada Ginjal

Batu ginjal ini sangat berbahaya! Karena rasa sakitnya luar biasa dan bila sudah parah diperlukan operasi yang intensif. Batu ginjal juga dapat menghambat anda untuk buang air kecil, karena rasanya bisa sakit sekali.

     2. Meredakan Tenggorokan

Silahkan anda coba aduk satu sendok the lemon yang sudah diperas dengan air hangat. Ini dapat meredakan tenggorokan anda yang sakit dan meradang, sehingga terasa lebih sejuk dan adem. Bisa juga anda iris lemon dan dimasukkan kedalam teh hangat.

teh hijau dan lemon
Teh hangat dengan irisan lemon dapat menyembuhkan radang tenggorokan

Lemon yang diminum dengan cara ini juga dapat menyembuhkan penyakit Tonsilitis tenggorokan. Serta menyembuhkan batuk dan pilek.

3. Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Ya lemon dapat menyembuhkan batuk dan pilek anda. Cukup dengan mengaduk perasan air lemon dengan madu, batuk dan pilek anda perlahan akan hilang dengan sendirinya.

Kegunaan Lemon Seperti Paramex
Kegunaan Lemon Seperti Paramex

Dengan mencampur irisan jeruk lemon dan teh hijau hangat, anda juga dapat meredakan batuk dan pilek. Lucu ya, khasiatnya hampir sama dengan Paramex tapi ini natural.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Baru-baru ini sebuah studi telah menemukan bahwa jeruk lemon yang telah diperas dapat membantu anda menurunkan berat badan. Manfaat lemon yang satu ini dapat terjadi karene lemon mengandung Pectin (serat yang dapat larut).

Pectin telah terbukti dapat membantu mengurangi berat badan. Selain itu karena jeruk lemon sangat kaya akan Vitamin C. Vitamin C ini dapat memicu reaksi biokimia yang mengurangi lemak dalam tubuh.

5. Sumber Vitamin C

Jeruk lemon mengandung banyak sekali Vitamin C. Vitamin C sendiri sudah terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Contohnya seperti ; memperbaiki jaringan sel kulit, meningkatkan mood anda, menurunkan resiko terjadinya serangan jantung, meningkatkan kesehatan mata, mencegah stroke, dan masih banyak lagi!

Buah-buah yang kaya Vitamin C
Vitamin C pada buah-buahan

Silahkan cek manfaat vitamin C pada tubuh untuk lebih lengkapnya. Berdasarkan sebuah studi, Kadar Vitamin C itu berbalik dengan berat badan. Asupan Vitamin C yang cukup, memicu serangkaian reaksi kimia dalam tubuh yang memecah lemak dan memanfaatkannya sebagai energi.

6. Melawan Sel Kanker

Karena kaya sekali akan Vitamin C, lemon mewarisi manfaat yang dimiliki Vitamin C. Salah satunya adalah melawan sel kanker. Lemon merupakan salah satu buah dengan kadar Vitamin C tertinggi. Disisi lain, jeruk lemon juga mengandung senyawa yang bernama Limonoid.

Manfaat Lemon terhadap sel kanker
Sel Kanker

Senyawa ini melindungi sel-sel pada tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan pembentukan sel kanker. Berdasarkan sebuah research, lemon memiliki 22 senyawa anti kanker!  Jadi bila anda adalah mantan perokok atau masih sekalipun, rajin-rajinlah minum lemon ya untuk melawan sel-sel kanker pada paru-paru anda.

7. Melancarkan Pencernaan

Jeruk lemon dapat membantu perut anda dalam membuang sisa-sisa pencernaan. Membuat anda lebih lancar buang air. Kenapa? Karena lemon meningkatkan gaya peristaltik pada perut anda.

Manfaat Lemon Untuk Pencernaan
Manfaat Lemon Untuk Pencernaan

Ini karena jeruk lemon mengadung Asam Sitrat. Sehingga buang air besar lebih lancar dan teratur, dan limbah pada tubuh jadi lebih mudah untuk keluar. Manfaat yang satu ini membantu seseorang dalam menurunkan berat badan.

8. Mengontrol Tekanan Darah Yang Tinggi

Jeruk lemon dan pisang sama-sama mengandung Kalium dan Potassium. Kalium dapat membantu mengurangi pusing dan mual, dengan menciptakan efek tenang bagi pikiran dan tubuh.

Manfaat Lemon Untuk Tekanan Darah Tinggi
Manfaat Lemon Untuk Tekanan Darah Tinggi

Kalium turut mengontrol tekanan darah yang tinggi, menyembuhkan persendian yang rusak dan mengatur kerja otot dengan baik. Hal ini juga dibantu dengan asam Askorbat yang menyembuhkan peradangan sendi dan luka pada tubuh.

9. Menyembuhkan Pendarahan Dalam

Lemon memiliki kandungan antiseptik. Sehingga jeruk lemon dapat membantu menghentikan pendarahan pada organ di dalam tubuh anda. Selain itu, karena mengandung antiseptik lemon juga dapat membantu untuk menghentikan mimisan.

Manfaat Lemon Untuk Mimisan
Manfaat Lemon Untuk Mimisan

Anda tinggal celupkan kapas pada air perasan lemon, lalu sumbat lubang hidung yang berdarah dengan kapas tersebut.

10. Menurukan Panas

Ketika anda sakit demam, badan terasa meriang dan panas langsung minum air perasan lemon yang rutin. Lemon dapat membantu anda menurunkan panas. Caranya?

Lemon memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga mengkonsumsi lemon membantu tubuh anda untuk memproduksi lebih banyak antibodi dan sel darah putih yang melawan mikro-organisme jahat di dalam tubuh. 

jeruk lemon demam
Jeruk lemon bisa mengobati demam

Atau caranya lainnya adalah dengan menggunakan irisan lemon, lalu kompres tubuh, atau dahi anda dengan lemon. Lemon akan membantu anda untuk mengeluarkan keringat dan menyerap suhu panas tubuh.

11. Berfungsi Sebagai Penawar Racun

Semua orang Indonesia suka makan dipinggir jalan, karena biasanya murah dan rasanya mantap. Tapi kita harus selalu waspada, karena mungkin banyak dari makanan-makanan ini mengandung zat-zat yang tidak baik bagi kesehatan kita.

Manfaat Lemon Sebagai Penawar Racun
Manfaat Lemon Sebagai Penawar Racun

Yang terburuk? Mungkin dibalik rasanya yang enak, makanan itu malah mengandung racun untuk tubuh kita. Kalau anda memang suka jajan, anda juga tetap harus menjaga kesehatan. Konsumsi lemon secara rutin, karena lemon berfungsi sebagai penawar racun. Lemon dapat mengeluarkan racun-racun dari tubuh bersama dengan sisa-sisa metabolisme tubuh yang lain.

Lemon bahkan dapat mengilangkan jejak-jejak radiasi dan kemoterapi kanker pada tubuh! Wow. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, terdapat 22 senyawa anti kanker pada lemon. 

12. Menghilangkan Komedo, Menyembuhkan Jerawat & Memperkecil Pori-Pori

Gila kan? Banyak sekali manfaat lemon pada wajah. Beli lemon, kemudian anda peras airnya. Anda oleskan pada wajah dan tunggu hingga meresap. Jangan lupa minum sari jeruk lemon untuk menghilangkan komedo dan mengurangi jerawat anda secara lebih maksimal.

Lemon Dapat Mengurangi Jerawat
Masker lemon dapat mengurangi jerawat dan komedo

Lemon bermanfaat untuk kulit karena lemon mengandung antioksidan, antibiotik, antibakteri dan disinfektan. Kandungan inilah yang berguna untuk menghilangkan komedo dan jerawat.

13. Mencerahkan Kulit Wajah

Lemon dapat mengurangi minyak pada wajah yang memiliki kadar minyak tinggi. Caranya tinggal mencampur perasan lemon dengan madu, lalu usapkan pada wajah sebagai masker. Gunakan secara rutin untuk kulit yang lebih segar, cerah dan tidak berminyak. Asam Sitrat dan Vitamin C pada lemon juga berguna untuk mencerahkan kulit anda.

14. Mengatasi Kulit Kering

Caranya anda tinggal mengusapkan potongan jeruk lemon pada bagian kulit yang kering. Tidak usah dibilas karena anda harus membiarkan cairan lemon meresap ke dalam kulit.

15. Memutihkan Kehitaman pada Siku, Ketiak dan Lutut

Potong lemon menjadi irisan-irisan. Lalu gosokkan irisan lemon kepada bagian tubuh yang hitam. Setelah 15 menit, silahkan dibilas. Lakukan ini secara teratur agar kehitaman anda menjadi cerah.

Jeruk lemon memutihkan siku
Jeruk lemon memutihkan siku hitam seperti gambar diatas

16. Memutihkan dan Menguatkan Gigi, Serta Tulang

Dengan mengkonsumsi gula, protein hewani, makanan cepat saji, soda, kopi, atau merokok, pH pada tubuh akan menjadi asam.  Sedangkan tubuh kita seharusnya memiliki pH 7.3 – 7.4 dalam kondisi ideal, yang berarti pH-nya basa.

Dengan keadaan seperti ini, tubuh akan mengambil mineral-mineral basa dari tulang dan gigi. Sehingga gigi dan tulang menjadi sangat kekurangan mineral-mineral yang dibutuhkan untuk jadi kuat. Dengan mengkonsumsi lemon, anda akan membangun kekuatan pada tulang dan gigi karena lemon dapat membuat tubuh kembali menjadi basa.

Manfaat Lemon Untuk Gigi
Manfaat Lemon Untuk Gigi

Dengan membuang sisa sisa asam pada tubuh dan memberikan mineral-mineral alami yang dibutuhkan. Terutama karena lemon mengandung Potassium, Kalsium, dan Magnesium yang tinggi.

Lemon juga dapat membantu memutihkan gigi dan mencegah bau mulut. Caranya dengan memeras lemon. Lalu beberapa tetes air perasan tersebut anda tuangkan pada odol yang akan anda gunakan pagi-pagi. Gosok gigi anda dengan odol lemon tersebut. 

Kalau gigi anda sakit, tinggal kumur-kumur dengan air perasan lemon. Pastikan gigi anda yang sakit terkena cairan lemon. Ini dapat membuat rasa sakitnya tidak parah. 

Kalau gusi anda berdarah, anda dapat mengoleskan lemon pada gusi tersebut, sehingga pendarahannya dapat terhenti lebih cepat.

17. Menyehatkan Liver / Hati

Jeruk lemon dapat merangsang liver untuk menghasilkan enzim lebih banyak. Caranya tinggal anda peras dan diminum air perasan lemon tersebut. Ini juga dapat membantu anda untuk menghilangkan racun-racun pada liver anda. Karena lemon berfungsi sebagai pembersih racun alami.

18. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin C pada lemon membantu memerangi pilek dan flu, sekaligus membantu penyerapan zat besi ke dalam darah. Lemon mengandung bioblavinoids yang menghancurkan zat-zat berbahaya yang merusak pembuluh darah dan bisa menyebabkan radang pembuluh darah atau Vaskulitis.

Manfaat Lemon Untuk Kekebalan Tubuh
Manfaat Lemon Untuk Kekebalan Tubuh

Lemon juga mengandung banyak sekali zat antioksidan yang membunuh bakteri jahat pada tubuh.

19. Menghilangkan Dehidrasi Tubuh

Anda membiarkan tubuh anda dengan perut kosong berjam-jam ketika sedang tidur. Hal ini menyebabkan dehidrasi pada tubuh, sehingga tubuh tidak bisa melakukan semua fungsinya dengan sempurna.

Akibatnya terjadi penumpukan racun, stres, sembelit, dan lain-lain. Lemon dapat mencegah hal ini membuang racun-racun dari hari sebelumnya. Terutama bagi anda yang jarang minum air putih.

20. Menyehatkan dan Mencerahkan Mata

Para ahli menemukan bahwa lemon dapat membantu mengatasi permasalahan mata, menjaga mata dari kelelahan dan pandangan yang kurang jelas, serta membuat mata menjadi lebih putih dan cerah.

Lemon bikin mata sehat
Lemon bikin mata anda sehat, tidak hanya wortel yang berguna untuk mata

Mereka juga menyimpulkan bahwa lemon dapat menurunkan resiko penyakit mata seperti Makula, Rabun, dan Retinopati Diabetik.

21. Menguatkan Kuku

Jeruk lemon yang dicampur dengan minyak zaitun dapat menjadi penguat kuku-kuku yang mudah patah dan lemah. Ini juga dapat memutihkan kuku anda sehingga menjadi lebih cerah.

22. Efektif Untuk Rambut

Ada banyak manfaat lemon untuk masalah rambut. Anda bisa menggunakan air perasan lemon dan minyak zaitun untuk digosokkan pada rambut anda.  Ini dapat mencegah dan menghilangkan rambut yang bercabang.

Untuk anda yang rambutnya rontok, atau jarang-jarang. Anda bisa mencampur air perasan lemon dengan minyak kelapa untuk membuat krim rambut. Setelah dicampur, ambil biji lemon dan anda bejek hingga rata. Campurkan dan aduk. Oleskan pada kulit kepala anda, dan tunggu sepuluh menit. Setelah itu cuci rambut anda. Ini akan mencegah rambut anda rontok lagi.

Saya yakin, anda pasti ingin rambut anda tebalkan? Kalau begitu, anda bisa mencampur jus lemon dengan air kelapa. Ya, jus lemon. Anda masukkan kulit-kulitnya sekaligus, tapi jangan semuanya ya. Setengah aja. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala. Tunggu 30 menit, lalu cuci.

Manfaat Lemon Untuk Rambut
Manfaat Lemon Untuk Rambut

Berdasarkan sebuah studi di Amerika serikat, antioksidan pada kulit lemon ini 20 kali lebih kuat dari buahnya. Dan antioksidan itu bagus sekali untuk rambut, karena dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Antioksidan ini bahkan memiliki banyak sekali kegunaan, seperti meningkatkan fungsi otak, mencegah kanker, menyehatkan mata, dan masih banyak sekali. Lemon mengandung ini semua lho! Bahkan akan lebih besar efeknya ketika anda ikut mengkonsumsi sebagian kulitnya. Memang pasti ngga enak sih.

Bagaimana menurut anda? Tentunya setelah membaca 20 manfaat lemon diatas anda mengerti bahwa lemon memang sangat berkhasiat untuk tubuh kita. Hebatnya lagi, penyajian lemon sangat praktis!

Resep Ramuan Lemon Untuk Dikonsumsi

Saya akan memberikan beberapa resep ramuan yang bisa anda gunakan dalam memanfaatkan khasiat lemon. Semua ramuan ini hanya akan berkhasiat manjur bila anda mengkonsumsi secara rutin. Perlu diingat juga, saya tidak merekomendasikan sama sekali gula di dalem ramuan yang manapun yaa.

1. Lemon & Air Hangat

Potong buah lemon jadi dua bagian, lalu peras semuanya kedalam gelas. Tuangkan air hangat kedalam gelas tersebut lalu anda minum. Atau, anda juga bisa meminum air hangat dan lemon secara terpisah. Minum lemonnya dulu, lalu anda habiskan air hangatnya. 

manfaat lemon dan air hangat
Lemon & Air Hangat

Minum ini setiap pagi sebelum anda sarapan. Ini mencegah tubuh anda mengalami dehidrasi, menurunkan asam lambung, dan memberikan antioksidan yang tinggi. Ramuan ini juga membuat anda lebih “good mood” karena refreshing, bagus sekali untuk memulai hari anda.

2. Lemon, Air Hangat & Madu

Caranya anda tinggal menyiapkan air hangat segelas, perasan lemon dua sendok makan, dan madu dua sendok makan. Lalu silahkan dicampur semua. Minum pas lagi anget. Lebih nikmat dan berkhasiat kalau anda tambahkan dengan madu asli, bukan yang abal-abal.

Manfaat lemon madu dicampur di air
Lemon, Air & Madu

Lemon dan madu yang dicampur dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh anda, membantu sistem pencernaan, detoksifikasi racun pada tubuh, mencegah infeksi pada saluran kemih, menurunkan berat badan dan masih banyak lagi. Minuman ini sangat sehat, karena terdapat banyak sekali manfaat madu. Sehingga minum ini merupakan minuman kesehatan yang nikmat!

3. Lemon & Teh 

Sebenarnya saya lebih menganjurkan untuk menggunakan teh hijau, karena manfaat teh hijau yang sangat banyak. Tapi kalau tidak ada, ya teh Sariwangi juga jadilah.

teh dan lemon
Teh Hangat & Lemon

Caranya gampang sekali, tinggal iris lemon lalu anda masukkan ke dalam teh anda. Banyaknya irisan tergantung dari besar gelas dan selera anda. 

4. Lemon, Air dingin, & Daun Mint

Kalau yang ini sebenarnya saya biar segar aja sih, tapi yang pasti sehat. Terkadang saya tambahkan es biar lebih segar. Saya tambahkan daun mint karena daun mint membuat minuman lebih segar. Tapi, manfaat daun mint itu sendiri banyak sekali. Contohnya melawan mikro-organisme jahat dalam tubuh, meredakan demam, mengurangi stress, merawat gigi dan mulut, wah dan masih banyak sekali.

manfaat lemon dan daun mint
Segelas Lemon Mint Dingin

Caranya mudah juga. Anda siapkan jus lemon, dengan sedikit atau tanpa kulitnya. Siapkan beberapa helai daun mint, dan air dingin. Aduk rata semuanya. Bisa ditambahkan es bila anda suka.

5. Lemon, Air Dingin & Timun

Mengkonsumsi timun dalam bentuk apapun dapat membantu anda untuk mengecilkan perut dan mengurangi berat badan.

Manfaat lemon Infused Water
Infused Water

Ditambah lagi dengan manfaat lemon yang sudah panjang lebar saya jelaskan. Hasilnya dengan olahraga yang cukup dan rutin, anda bisa kurus dengan cepat.

Baiklah. Itulah tadi beberapa cara menyajikan lemon untuk dikonsumsi. Tentunya masih banyak cara-cara lain yang tidak saya kasih tau, karena terlalu banyak. Nah sekarang anda sudah tau manfaat lemon dan cara penyajiannya.

Gimana menurut anda? Sehat banget kan buah lemon? Silahkan anda buktikan sendiri khasiatnya. Lemon ini memang salah satu buah yang paling sehat sedunia. Saya berharap anda dapat merasakan manfaat lemon. Jangan lupa di share ya! Salam.

Share!
Follow by Email
Facebook
Google+
https://www.internetsatelit.co.id/kesehatan/manfaat-lemon-rahasia-sehat/
Twitter
About Juggy 15 Articles
Blog Teknologi, Budaya & Tokoh Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*