Manfaat Daun Sirsak – Bunuh Sel Kanker dan Penyakit     

Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak – Banyak sekali orang yang sudah tidak mau lagi mengkonsumsi obat-obatan dari dokter. Pertama karena obat-obatan tersebut adalah hasil buatan manusia dari percobaan dengan bahan-bahan kimia, sehingga banyak efek sampingnya. Yang kedua harganya mahal.

Obat-Obatan Kimia
Obat-Obatan Kimia Berbahaya

Sedangkan sebenarnya banyak obat-obatan alami yang telah tersedia secara natural, contohnya buah-buahan dan sayuran. Kali ini kita akan membahas tentang sirsak.

Apakah Anda tahu bahwa sebenarnya sirsak bukan merupakan tanaman asli Indonesia? Ternyata, sirsak adalah tanaman yang dibawa orang Belanda saat bertandang ke Indonesia. Di Belanda, sirsak dinamai zuurzak. 

Buah Sirsak
Buah Sirsak Masih di Pohon

Terlepas dari orang Belanda itu adalah penjajah atau bukan, tujuan dibawanya sirsak adalah untuk dikembangbiakkan secara komersil.

Tanah Indonesia yang subur membuat sirsak tumbuh dengan baik dan sekarang Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Walaupun buah sirsak rasanya agak kecut, tapi banyak yang menyukainya. Bagaimana dengan daunnya? Apa manfaat daun sirsak itu ada?

Dulu, daun sirsak tidak dianggap dan tidak dimanfaatkan. Tapi, sejak dilakukan penelitian terhadap daun sirsak, daun sirsak kini banyak dicari-cari orang. Ternyata daun sirsak sangat bermanfaat! Bagaimana tidak, daun sirsak bahkan diklaim memiliki khasiat yang setara dengan pengobatan kemoterapi kanker. Wow! Khasiat daun sirsak apa saja sih?

Daun Sirsak
Daun Sirsak Belum Dipetik

Manfaat Daun Sirsak

Tak hanya kanker, penyakit-penyakit lain pun dapat diobati dengan olahan ramuan daun sirsak. Kalau Anda masih penasaran mengenai manfaat daun sirsak, mari baca ulasannya dibawah ini.

1. Melawan penyakit kanker

Manfaat daun sirsak  yang satu ini adalah salah satu penyebab daun sirsak menjadi sangat fenomenal, termasuk di Indonesia. Berdasarkan sebuah penelitian oleh Journal of Medicinal Chemistry pada tahun 1997, daun sirsak dapat membunuh sel kanker 10.000 kali lebih efektif dari kemoterapi.

Sel Kanker
Sel Kanker

Sel kanker ini termasuk payudara, paru-paru, prostat dan lain-lain. Daun buah sirsak bisa membunuh sebanyak 12 jenis sel kanker. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun sirsak dapat membunuh sel kanker yang tidak mempan diberi obat kanker atau disebut juga sebagai MDR (Multi-Drug Resistant Cancer Cells).

Hebatnya lagi, daun sirsak tidak ikut membunuh sel baik dalam tubuh. Disisi lain, daun sirsak juga dapat mengobati efek samping dari kemoterapi. Bekas-bekas radiasi setelah kemoterapi akan sembuh dengan mengkonsumsi daun sirsak. Manfaat daun sirsak ini bukan sekedar teori.

Penelitian ini turut didukung oleh penemuan dari The Health and Sciences Institute. Institut ini telah menerbitkan banyak sekali artikel dan jurnal yang menunjukan bahwa daun sirsak sangat efektif dalam membunuh sel kanker tanpa merusak tubuh.

Terdapat beberapa institut di luar negeri seperti The National Cancer Institute, The University of Purdue dan beberapa institut lain yang turut mendukung pernyataan tentang manfaat daun sirsak ini.

Bukan mengada-ada, tapi manfaat daun sirsak melawan kanker telah diakui lebih dari 40 tahun yang lalu. Anda bisa coba buktikan sendiri khasiat daun sirsak, nanti saya jelaskan cara membuat ramuannya. 

2. Mengobati asam urat

Asam urat merupakan sebuah penyakit dengan gejala yang sangat mengganggu. Rasa nyeri yang disebabkan akan membuat persendian anda terasa panas dan sakit. Bahkan persendian anda bisa bengkak. Rasa sakit ini bisa bertahan hingga 3-10 hari. Nah apa manfaat daun sirsak untuk asam urat?

Asam Urat
Asam Urat

Mengonsumsi daun sirsak dapat mengobati asam urat yang Anda derita, sebenarnya daun sirsak sudah cukup terkenal dalam mengobati asam urat sejak dulu. Rebusan daun sirsak dapat melelehkan kristal kristal hasil penumpukan asam urat yang menusuk persendian anda. Penyebab sendi anda sakit.

3. Menguatkan Pertahanan Dalam Tubuh

Daun sirsak mengandung zat-zat baik seperti antibakteri, antiseptik dan antifungi yang membantu untuk membersihkan kotoran pada tubuh. Sehingga khasiat daun sirsak dapat mencegah serta mengusir flu dan demam. Penyakit dan bakteri jahat tidak berkembang dalam tubuh. Membuat anda lebih kebal terhadap penyakit yang berasal dari bakteri-bakteri jahat dan zat-zat asing dari luar tubuh.

4. Pengobatan Untuk Diabetes

Daun sirsak diketahui sebagai salah satu pengobatan alternatif yang ampuh untuk diabetes dan tingginya kadar gula. Daun sirsak melawan diabates dengan cara membuat tubuh kita lebih sensitif terhadap insulin.

Sehingga tubuh kita, atau lebih tepatnya organ pankreas kita memproduksi lebih banyak insulin (penderita Diabetes itu kan kurang insulin) yang akan menyerap glukosa pada darah.

5. Mengobati Penyakit Kulit Eksim, Jerawat dan luka luar

Eksim adalah penyakit kulit yang dapat disebabkan banyak hal. Diantaranya oleh kelainan pada kulit, alergi obat, alergi makanan, alergi sinar matahari atau sedang tertekan dan depresi.

Eczema atau Eksim
Eczema atau Eksim

Nah, daun sirsak ini mengandung antifungi pembunuh jamur dan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dapat menstimulasi produksi kolagen yang baik untuk kulit, sehingga kulit lebih sehat dan terlindungi. Antioksidan inilah yang akan menyembuhkan eksim dan jerawat secara alami.

Daun sirsak memang banyak digunakan dari dulu sebagai obat luar. Karena daun sirsak mengandung antibakteri dan antiseptik yang membersihkan luka dari kotoran. Salep daun sirsak dapat mencegah infeksi pada luka anda.

Resep Ramuan Daun Sirsak Untuk Dikonsumsi

Disini saya akan mengajarkan anda beberapa cara yang sudah lazim digunakan untuk mengkonsumsi daun sirsak. Apa saja caranya? Silahkan anda lihat dan coba sendiri nanti ketika anda mau merasakan manfaat daun sirsak.

1. Teh Adem Daun Sirsak

Anda bisa ambil 7-10 helai daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau. Lalu anda potong-potong jadi kecil. Masukan potongan daun sirsak ini ke dalam panci, lalu tuang 3 gelas air kedalam panci. 

Nah lalu anda rebus dan tunggu hingga hanya 1/3 dari air tadi tersisa. Atau kalau diukur dengan gelas, berarti anda tunggu hingga kira-kira airnya tersisa sebanyak satu gelas.

Setelah anda rasa airnya cukup untuk segelas, anda angkat dari kompor anda. Tunggu saja sampai airnya menjadi dingin. Kalau sudah, anda boleh minum ramuan ini setiap pagi setelah bangun tidur selama seminggu. Lalu berhenti dulu 2-3 hari, dan mulai lagi. Jangan kebanyakan ya. Kenapa? nanti saya bahas dibawah.

Daun Sirsak di Panci
Daun Sirsak di Panci Kebanyakan, Buat Stok Nih?

Mungkin anda bisa minum teh daun sirsak ganti-gantian dengan perasan lemon. Sehari lemon dan madu, lalu sehari daun sirsak agar tidak bosan. Sekaligus untuk merasakan manfaat lemon yang tidak kalah dengan daun sirsak.

Rebusan Daun Sirsak
Rebusan Daun Sirsak Hasilnya Begini

Ramuan ini berguna untuk melawan kanker, pegal-pegal punggung dan mengobati asam urat. Kalau anda lagi sakit demam, anda boleh minum teh daun sirsak sampai dua kali sehari. Selama satu minggu cukup, jangan kebanyakan. Bisa juga anda campur dengan madu, karena manfaat madu juga banyak sekali dan membuat teh daun sirsak anda lebih manis.

2. Salep Daun Sirsak

Ini cukup mudah kok untuk dibuat. Anda ambil 3-5 helai daun sirsak, jangan dipotong-potong ya. Tapi anda rebus dengan segelas air. Tunggu sampai mendidih, lalu matikan kompor anda. Lalu anda ambil daun sirsak yang sudah direbus, dan tumbuk hingga halus.

Daun Pandan seperti daun sirsak
Ini bukan daun sirsak, ini daun pandan. Tapi kalau daun sirsak ditumbuk jadinya kira-kira seperti ini.

Oleskan pada bagian tubuh anda yang nyeri atau sakit sebanyak dua kali sehari. Ramuan ini berguna untuk menyembuhkan bengkak, eksim dan rematik.

Banyak sekali kan manfaat daun sirsak? Tapi nda harus ingat, semua hal yang berlebihan itu tidak baik, kecuali kelebihan uang. Hehehe. Konsumsilah daun sirsak secukupnya, bila berlebihan malah akan mengurangi manfaat daun sirsak.

Kebanyakan mengkonsumsi daun sirsak bisa membuat anda pusing dan muntah-muntah. Ini disebabkan oleh antioksidan pada daun sirsak sangat banyak. Antioksidan ini membunuh bakteri jahat dengan sangat cepat. Kalau kebanyakan, nanti bakteri baiknya juga ikut mati.

Kalau ingin lebih yakin takaran daun sirsak yang boleh dikonsumsi, bisa konsultasikan langsung dengan dokter atau ahli herbal. Saya rasa cukup sekian artikel tentang manfaat daun sirsak dan cara penyajiannya. Semoga bermanfaat untuk anda, jangan lupa anda sebarkan ya!

Share!
Follow by Email
Facebook
Google+
https://www.internetsatelit.co.id/kesehatan/manfaat-daun-sirsak/
Twitter
About Juggy 15 Articles
Blog Teknologi, Budaya & Tokoh Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*